Berita

IDA FAUZIYAH MENTERI KETENAGAKERJAAN YANG DIKADER DARI ORGANISASI NU

0

Oleh : Defah

Adakah yang sudah tahu dengan menteri ketenagakerjaan kita saat ini?

Mentri ketenagakerjaan di era Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024 ini adalah seorang perempuan yang muncul dari pergerakan Nahdlatul Ulama. Mungkin Menteri satu ini bisa dibilang kurang familiar atau terkenal dibanding menteri-menteri yang lain, namun prestasi dan jabatan yang pernah ia emban selalu berada di posisi yang penting. Spesialnya lagi menteri ketenagakerjaan kita adalah seorang aktivis NU yang aktif, beliau adalah Ibu Ida Fauziyah.

Dra. Hj. Ida Fauziyah M. Si lahir di mojokerto, 17 Juli 1969. Kariernya diawali dari menjadi seorang guru di MAPK Jombang tahun 1994 hingga ditahun 1999 beliau menjadi anggota DPR untuk pertama kalinya. Sebelum berkecimpung di dunia politik, ia pernah menjadi santriwati dipesantren NU dan aktif di oraganisasi pelajar NU ( IPPNU ).

Organisasi IPPNU ini yang mengantarkan Ida Fauziyah menjadi aktivis perempuan, hingga ia menjadi ketua umum PP Fatayat NU 2000-2004 dan 2010-2015. Kiprahnya dalam pergerakan NU bukan hanya itu, ia juga pernah menjadi anggota Lembaga Advokasi Perempuan PP Fatayat NU 2000-2004, Dewan Pembina Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Timur 2000-2004, ketua Muslimat NU 2010, Wakil Ketua LSM NU ( Lembaga Sosial Mabarot NU ) Jawa Timur 1999-2001, Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU dan masih banyak lagi peran dan jabatan Ida Fauziyah dalam keorganisasian Nahdlatul Ulama.

Dengan jabatan dan banyaknya peran serta tanggung jawab Ida Fauziyah dalam badan-badan otonom NU tentunya karakternyapun terbentuk disini.

Ida Fuziyah seorang Menteri ketenagakerjaan RI yang dikader dari oraganisasi Nahdlatul Ulama.

Ia juga peranah berpendapat bahwa santri-santri atau Nahdliyin itu sangat menghormati kiyai, sikap moderat dan teguh dalam memperjuangkan kemaslahatan umat menjadi pegangannya, karenia beliau mengetahui NU memegang 4 prinsip, yaitu Tawasuth ( Moderat ), Tawazun ( Seimbang ), I’tidal ( Adil ) dan Tasamuh ( Toleransi ).

Ajaran-ajaran seperti itulah yang Ida Fauziyah kenyam sejak kecil, sejak dibangku madrasah dan pesantren dulu.

Kiprahnya sebagai menteri ketenagakerjaan dijadikannya sebagai sebuah amal baktinya kepada NU.

Ais Banten

MWC NU Anyer Komitmen Perkuat Kelembagaan NU

Previous article

Mama Sempur dan Tiga Santri Asal Banten

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita