Aqidah AhlakArtikelSantri Banten

IMAN YANG SEJATI

0
Oleh: Defah (Ais Banten)

Kecintaan adalah atribut Tuhan yang ditegaskan secara gamblang oleh banyak ayat Al-Qur’an. Maka konskwensi logisnya adalah bahwa kecintaan pada Tuhan merupakan asas fudamental dari keimanan.

Mahabbah atau cinta adalah asas keimanan seseorang, jika kita melakukan segala sesuatu dilandasi dengan kecintaan kepada Allah maka bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki iman yang sejati (Awtsaq Urwat Al-Iman).

Iman sejati adalah mencintai semata-mata karena Allah, membenci semata-mata karena Allah, menjadikan kekasih Allah sebagai kekasihnya dan membenci sesuatu yang dibenci-Nya.

وَ مِنَ النَّاسِ مَنۡ یَّتَّخِذُ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰہِ اَنۡدَادًا یُّحِبُّوۡنَہُمۡ کَحُبِّ اللّٰہِ

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat kuat cintanya kepada Allah. (QS. Al- Baqarah : 165)

Sebagai mahluk yang beragama maka perlulah rasa cinta itu ada dalam diri kita karena agama adalah cinta dan cinta adalah agama. Maka kehadiran rasa cinta dalam hati itu sangatlah penting. Jika tidak ada rasa cinta dengan segala apa yang kita lakukan atas dasar cinta kepada Allah mana bisa kita disebut orang yang beragama.

“Aku mencintaimu karena Allah”. Rasanya tidak berlebihan atau bahasa gaul jaman sekarang menyebutnya dengan istilah “lebay” jika kita ungkapkan kalimat ini pada orang-orang yang kita cintai secara tulus, baik pasangan halal kita, ibu kita, kaka kita, sahabat kita atau mereka semua orang-orang yang kita cintai, karena jika rasa cinta ini memang betul berasal dari hati dan didasari cinta karena Allah maka itu adalah gambaran dari keimanan kita yang sejati yang akan mendatangkan limpahan pahala dan keberkahan cinta dari Sang Maha cinta Allah ta’ala.

Ais Banten

AIS BANTEN KEMBALI MENYERAHKAN DANA BANTUAN

Previous article

Pesantren Itu Ajarkan Perangai Yang Baik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Aqidah Ahlak

Antara Fiqih, Tasawwuf & Tauhid

Berbicara tentang fiqih tentu yang tergambar di dalam fikiran kita adalah hukum. Dan berbicara tentang tasawwuf akan menarik kita kedalam kehidupan sufi yang ...

Ulama Matic & Manual

Model mesin saat ini, baik motor atau mobil terdapat dua macam. Yaitu matic dan manual. Yang pertama tanpa harus repot-repot menaik-turunkan gigi. Dan ...

Apakah Daging Ulama Beracun?

Oleh: Abdul Aziz Jazuli Apa Benar Daging Ulama Beracun? Siapa yang tau keagungan ulama? Terlalu banyak teks ayat dan hadist yang menerangkan keutamaan ...

SANTRI ERA BARU DI ZAMAN MILENIAL

Oleh: Abdul Aziz Jazuli, Lc Santri merupakan sebutan bagi seseorang yang tinggal di pesantren dan mengikuti pendidikan agama di sana. Biasanya seorang santri ...