BeritaKeislaman

Kemulian Bulan Muharam

0

Oleh : Mughni Labib, S. Hum (Kord. Div. Konten AIS Banten)

Tidak terasa kini kita sudah berada di penghujung bulan tahun hijriyah. Tinggal menghitung hari lagi kita akan masuk pada bulan Muharram yang didalamnya banyak sekali keutamaan, bahkan Allah abdikan dalam Firmannya:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At-Taubah: 36)

Imam Qurtubi berkata dalam tafsirnya terkait ayat tersebut:

خص الله تعالى الأشهر الحرام بالذكر، ونهى عن الظلم فيها تشريفا لها
Allah mengkhususkan penyebutan bulan-bulan Haram, dan melarang melakukan perbuatan dzolim pada bulan-bulan tersebut karena memuliakannya

Maka dari itu rasanya penting sedikit mengulas tentang keutamaan bulan muharrom, untuk mengetahui keutamaan-keutamaan didalamnya. Bulan Muharrom adalah salah satu bulan dari bulan-bulan haram yang Allah sebutkan pada ayat di atas.

Al- Imam Al-Hafidz Ibnu Rajab berkata:

وقد اختلف العلماء في أي الأشهر الحرم أفضل ؟ فقال أفضلها شهر الله المحرم، ورجحه طائفة من المتأخرين
“Para Ulama berbeda pendapat tentang bulan-bulan Haram mana yang paling utama, kemudian Ibnu Rajab berkata: Paling Utama-utamanya Bulan-bulan Haram adalah bulan Muharrom.” (Syhrullahi Al-Muahrram Fadoilun wa Ahkamun, h. 4)

Keutamaan bulan Muharrom tidak lepas dari ibadah puasa yang ada pada bulan tersebut. Bahkan Rasulullah menyebutnya (Puasa Asyura) sebagai paling utama-utamanya puasa setelah puasa Romadhon.

قال رسول الله ص.م : أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم وأفضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل (رواه مسلم)
“Paling utama-utamanyan puasa setelah puasa Romadhon adalah puasa Muharrom dan paling utama-utamanya Sholat setelah sholat Fardu adalah Sholat Tahajjud ( H. R Muslim)

Adapun di idofatkannya Lafadz (شهر) pada lafadz (الله) menurut sebagian Ulama salah satunya Ibnu Rajab sebagai memuliakan dan mengutamakan sebagaimna pada tarkib idofiy بيت الله dan ناقة الله.

Ibnu Abbas berkata:
ما رأيت النبي ص.م يتحرى صيام يوم فضله على غيره إلا هذا اليوم يوم عاشوراء، وهذا الشهر يعني شهر رمضان
Aku tidak melihat Rasulullah bersungguh-sungguh pada keutamaan puasa kecuali pada puasa hari ini yakni hari Asyura dan Puasan bulan ini yakni Bulan Ramadhan (Syhrullahi Al-Muahrram Fadoilun wa Ahkamun, h. 5).

Itulah keutamaan dari bulan Muharrom dan Ibadah Puasa yang ada pada bulan Muharoom, mudah-mudahan kita bisa mengambil i’tibar dari keutamaan-keutamaan diatas serta mampu mengaplikasikannya di bulan muharram yang sebentar lagi akan kita jumpai. Amiin Ya Allah

Wallahu A’lam

Kami AIS Banten mengucapkan selamat tahun baru Islam 1441 H.

Ais Banten

Hasil RKMI, Pimpinan TQN Ponpes Al-Mubarok Banten Menjadi Raja Sumedang Penerus Padjadjaran

Previous article

Asyuro ‘ dan Puasanya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

DTD Banser Pandeglang Diikuti 500 Pemuda Banten

Ratusan anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) se Pandeglang mengikuti kegiatan Diklat Terpadu Dasar (DTD), Jumat hingga Ahad (06/08/19). DTD Angkatan VI ini dilaksanakan ...

120 Gawagis Dan Nawaning Banten Ikuti PKPNU

120 Gawagis Dan Nawaning Banten Ikuti PKPNU Pada hari kemerdekaan republik Indonesia (17/8), Arus Informasi (AIS) Banten adakan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama ...