KeislamanSejarah

Jejak Sejarah Pesantren Pelamunan salah satu Pesantren tertua di Serang

0

Oleh : Drs,KH.Munifi Zaini Thohir

“ Pesantren Moderat adalah Pesantren yang mampu menjawab tantangan zaman dan mampu menjaga nilai-nilai pendidikan salaf serta mengambil nilai-nilai peradaban pendidikan era baru yang lebih baik”

Pondok Pesantren Salafy Moderat At-Thohiriyah Pelamunan merupakan salah satu pusat kajian Islam tertua di Banten; karena, secara geneologi-historis, pondok ini dirintis oleh Al-Mukarrom KH.Muhammad Thohir sekitar tahun 1929 M.

Sejak masa penjajahan hingga kini, pondok lebih memfokuskan diri pada pengajian Kitab Kuning, yang dinilai telah berhasil mencetak banyak alim-ulama dan cendikiawan Muslim di wilayah Banten dan sekitarnya.

Ribuan santri banten membeludak berdatangan untuk menimba ilmu di desa ini mulai dari awal sepanjang jalan raya pelamunan hingga depan faletahan sekolah tinggi perawat. Sepanjang jalan ini dulunya adalah bangunan kobong pesantren berbentuk bilik memadati desa ini sebagai tempat tinggal santri.

Setelah meninggalnya Abuya thohir para putra dan putrinya melanjutkan pesantren dengan membuka pengajian dimana rumah beliau-beliau dibangun di antara kobong pesantren yang ada pada saat itu.

Hingga akhirnya,saat ini para santri yang mengambil ilmu di rumah para kyai penerusnya mengabdikan diri di kyai-kyai yang mereka inginkan untuk menimba ilmu hingga berjalannya waktu. Para kyai penerus lebih memfokuskan santri di dekat rumahnya masing-masing.

Di desa pelamunan ini ada 13 pondok pesantren dengan menggunakan nama sendiri atau tanpa menggunakan nama pesantren.Namun, para santri setelahnya menyebut dirinya santri dari abah yai yang mengajarkan mereka atau nama blok kamar yang mereka tempati.

Sekarang pada tahun ajaran baru 2019/1440, PPSM At-Thohiriyah menyambut tantangan era milenial-global dengan mendirikan SMP Plus 30 Juz dan pelajarnya wajib tinggal di lingkungan pondok sebagai santri, sehingga diharap dapat menjadi generasi Qura’ni yang teguh dalam IMTAQ (iman dan takqwa) serta unggul dalam IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Profil Pesantren Salafy Moderat At-Thohiriyah Pelamunan di bawah ini :

Jejak Sejarah Pesantren Pelamunan Tertua di Kab.Serang Banten di bawah ini :

Editor : ceo @kobong pesantren


Ais Banten

Sama-Sama Didukung Waliyulloh Tapi Masih Saja Ada Yang Kalah, Antara Joko Tingkir Dan Ario Panangsang

Previous article

Bagaimana Hukum Kudeta Dalam Perspektif Islam?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Keislaman

Zakat Fitrah Dengan Uang dan Kepada Guru Ngaji

Rutinitas tahunan yang selalu menjadi perdebatan yang tidak berujung. Ialah mengeluarkan zakat dengan uang. Apakah diperbolehkan atau tidak?. Mungkin kita sudah mengetahui bahwa ...

Hukum membatalkan puasa bagi yang Sakit

Soal: Saya seorang perempuan yang mengidap sakit kepala, dan kondisi saya semakin parah di bulan Ramadhan. Yaitu jika berpuasa maka banyak rasa sakit ...

Bagaimana memenuhi puasa nadzar?

Soal : seorang perempuan menginginkan rezeki untuk dirinya dan ia berkata: jika terpenuhi maka aku akan puasa satu hari dan satu harinya lagi ...