Media Sosial Selalu Berkembang dan Mengalami kemajuan sangat pesat. Sesuai dengan perkembangan zaman sekaligus cara berpikir manusia akan selalu mengalami kemajuan pembaruan dalam produk teknologi. Bangsa indonesia sebagai salah satu negara yang berkembang tidak akan pernah bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia dari berbagai sektor. Terutama dalam bidang teknologi. Kualitas masyarakat indonesia bis aditingkatkan dari sektor teknologi yang mapan dengan tingkat melek literasi media sosial yang mumpuni. Hal ini bisa memungkinkan kita untuk kreatif, inovatif, cerdas, serta produktif dalam setiap sektor. Terutama dalam hal penggunaan media sosial.


Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara indonesia ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Sedangkan masyarakat cerdas harus terbentuk dari masyarakat yang mau belajar. Masyarakat belajar akan terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar yang diiringi dengan minat sosial yang besar. Kepkaan sosial menjadi nilai terpenting bagi manusia yang mau belajar dan memahami lingkungan. Apabila media sosial sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat indonesi dari usia anak-anak, muda hingga dewasa, maka jelas perangkat gadget seperti smartphone akan terlepas dari genggaman mereka saat beraktifitas. Dan menjadikan media sosial sebagai kebutuhan pokok bagi mereka dalam kehidupan yang harus di penuhi.

Dalam dunia maya, terutama Instagram terbukti menjadi trend yang hingga sekarang atau nanti masih banyak diminati khalayak dari berbagai latar belakang. Media instagram bisa menjadi salah satu media yang tepat digunakan untuk sarana dakwah dan komunikasi santri atau alumni yang ringan agar tersalurkan secara massal. Media sosial merupakan bagian vital dan pengaruhnya besar bagi masyarakat di negri ini yang mayoritas mengkonsumsi berita melalui media sosial yang cepat didapatkan.


Melihat masyarakat di indonesia sebagai masyarakat majemuk. Hal ini jugayang melatar belakangi terbentuknya komunitas Arus Informasi Santri Banten (AIS Banten). Sebagai wadah berkumpulnya para penggiat cyber media santri untuk mendiskusikan konten dan isu-isu yang sedang hangat di perbincangkan. Karena beberapa alasan tersebut instagram santri harus dikembangkan sebagai salah satu media dakwah untuk menebar banyak manfaat kepada khalayak dengan sajian berita yang tidak provokatif. Menjadikan media instagram sebagai media dakwah islam yang rahmatan lil alamin. Menebar damai kepada sesama santri dan umat muslim atau non muslim di indonesia khususnya.

Latar belakang komunitas AIS Banten ini penting adanya dikarenakan semakin banyaknya akun media sosial yang bertebaran memberikan sajian berita yang tidak proporsional. Selain itu menjadi wadah berkumpulnya cyber media santri Nahdlatul Ulama dalam menggawangi aktifitas media dengan sentuhan santri dan islam damai. Sekalipun komunitas ini bernama AIS Banten, tidak membatasi ruang gerak hanya pada Instagram saja. Juga ada beberapa website, Facebook, Twitter, Whatshapp, Youtube, dan media sosial lainnya. Acara Kopdarwil AIS Banten ini sebagai salah satu acara rutinan AIS Banten harus mengadakan satu tahun sekali. Tujuan di adakanya Kopdarwil AIS Banten untuk bertatap muka dengan Anggota AIS Banten maupun followers dan menghimpun santri-santri banten untuk menebarkan islam yang rahmatan lil ‘alamin di media sosial.